PENGEMBANGAN INSTRUMENT TEST UNTUK MENGUKUR ASPEK PEMAHAMAN WIGGINS PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

DEWI SEKARWANGI, (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMENT TEST UNTUK MENGUKUR ASPEK PEMAHAMAN WIGGINS PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106106_1_cover.pdf

Download (601kB)
[img] Text
2108106106_2_bab1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2108106106_6_bab5.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2108106106_7_dafpus.pdf

Download (215kB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran memerlukan instrumen yang tepat untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Tes Pemahaman Wiggins merupakan penilaian yang mengukur pemahaman mendalam siswa melalui penerapan pengetahuan dalam situasi nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan, kualitas, dan efektivitas instrumen tes pemahaman Wiggins pada materi sistem ekskresi. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap analisis melakukan studi kebutuhan melalui wawancara guru dan kajian literatur. Tahap desain menyusun kisi-kisi dan sebaran soal. Tahap pengembangan melakukan validasi materi, Understanding by Design, dan praktisi. Tahap implementasi menjalankan uji coba bertahap di SMAN 4 Kota Cirebon dan SMAN 1 Plumbon. Tahap evaluasi menilai keseluruhan proses pengembangan dan kualitas butir soal. Hasil penelitian menunjukkan instrumen yang dikembangkan memiliki kualitas baik berdasarkan parameter validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan fungsi pengecoh. Di SMAN 4 Kota Cirebon, validitas mencapai 0,543 (paket A) dan 0,515 (paket B), reliabilitas 0,83 dan 0,85, daya pembeda 0,883 dan 0,614, serta tingkat kesukaran 0,592 dan 0,42. Di SMAN 1 Plumbon, validitas mencapai 0,539 dan 0,574, reliabilitas 0,73 dan 0,85, daya pembeda 0,521 dan 0,600, serta tingkat kesukaran 0,592 dan 0,558. Instrumen tes yang dikembangkan efektif untuk mengukur pemahaman siswa pada materi sistem ekskresi. Peningkatan kualitas konsisten terjadi pada setiap tahap uji coba, dengan validitas kategori cukup, reliabilitas tinggi, daya pembeda baik, tingkat kesukaran sedang, dan fungsi pengecoh yang baik. Instrumen ini dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang valid dan reliabel untuk mengukur pemahaman mendalam siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes, Pemahaman Wiggins, Sistem Ekskresi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:15
Last Modified: 11 Aug 2025 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item