PENERAPAN E-MODUL SISTEM EKSKRESI BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA NEGERI 3 CIREBON

Nazilaturrahmah Al Maulida, (2025) PENERAPAN E-MODUL SISTEM EKSKRESI BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA NEGERI 3 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106108_1_cover.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2108106108_2_bab1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
2108106108_6_bab5.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2108106108_7_dafpus.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-modul sistem ekskresi berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di MA Negeri 3 Cirebon. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dan kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran digital. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, menggunakan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan e-modul berbasis masalah dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi soal tes berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis, observasi dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, hasil observasi aktivitas belajar menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan, dan respons siswa terhadap penggunaan e-modul juga sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan e-modul sistem ekskresi berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: e-modul, sistem ekskresi, berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah (PBL)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:23
Last Modified: 11 Aug 2025 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16871

Actions (login required)

View Item View Item