Hubungan Self-Control Dengan Disiplin Belajar Akidah Akhlak Siswa MTs An-Nur Kota Cirebon

Dea Aprini, (2025) Hubungan Self-Control Dengan Disiplin Belajar Akidah Akhlak Siswa MTs An-Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101045_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108101045_2_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
2108101045_6_bab5.pdf

Download (113kB)
[img] Text
2108101045_7_dafpus.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs An-Nur Kota Cirebon. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa sebagian siswa menunjukkan perilaku yang mencerminkan lemahnya disiplin belajar, seperti sering berbicara di kelas saat pelajaran berlangsung, menunda-nunda mengerjakan tugas, membolos, menyontek saat ujian, dan kurang memperhatikan guru. Kondisi ini mengindikasikan adanya masalah dalam pengendalian diri (self-control) siswa. Padahal, self-control merupakan salah satu aspek penting yang dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih disiplin, khususnya dalam proses pembelajaran yang berhubungan langsung dengan nilai-nilai keagamaan seperti Akidah Akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan self-control siswa kelas VIII di MTs An-Nur Kota Cirebon, (2) untuk mendeskripsikan tingkat disiplin belajar Akidah Akhlak kelas VIII di MTs an-Nur Kota Cirebon, dan (3) untuk serta mendeskripsikan hubungan antara self-control dengan disiplin belajar Akidah Akhlak di MTs An-Nur Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari populasi 127 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-control siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 84,44%, sedangkan disiplin belajar akidah akhlak berada pada kategori tinggi dengan persentase 77,16%. Uji korelasi Pearson Product Moment menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan rhitung 0,583 > rtabel 0,263, yang menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara self-control dengan disiplin belajar akidah akhlak, dalam kategori cukup kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Self-Control, Disiplin Belajar Akidah Akhlak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:51
Last Modified: 11 Aug 2025 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16873

Actions (login required)

View Item View Item