Latifah Ainnun Sidiq, (2025) Pengaruh Media Educaplay Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif Fathurrohmah Kersana Brebes. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101057_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108101057_2_bab1.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
2108101057_6_bab5.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
2108101057_7_dafpus.pdf Download (289kB) |
Abstract
Media Educaplay merupakan platform online yang menyediakan berbagai Game edukasi untuk guru dan siswa memperkuat apa yang sedang dipelajari. Dengan menggunakan media Educaplay siswa dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi media Educaplay dalam pembelajaran PAI BP di SMP Ma’arif Fathurrohmah, untuk menjelaskan minat belajar siswa kelas IX dalam pembelajaran PAI BP, dan untuk menjelaskan pengaruh media Educaplay terhadap minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-eksperimen yang termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 25 responden dengan menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi media Educaplay dapat dikategorikan baik dengan hasil 80,28%. Minat belajar siswa kelas IX dalam pembelajaran PAI BP dapat dikategorikan baik dengan hasil 76,52%. Pengaruh media Educaplay terhadap minat belajar berdasarkan uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dengan Sig. media Educaplay adalah 0,084 > 0,05 dan nilai Sig. minat belajar 0,261 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data dari kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa t hitung > t table memiliki nilai 4,721 > 1,708 dan nilai Sig, 0,000 < 0,05, maka media Educaplay terhadap minat belajar dinyatakan memiliki pengaruh positif. Dan memiliki nilai (R Square) sebesar 0,492 yang berarti media Educaplay terhadap minat belajar memiliki pengaruh sebesar 49,20%. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan sampel yang lebih luas dan membandingkan efektivitas Educaplay dengan media pembelajaran lain, serta menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Educaplay, Minat Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |