Pengaruh Pendekatan TPACK (Technological Paedagogical and Content Knowledge) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMPN 12 Kota Cirebon

HALIMATU SA’DIYAH, (2025) Pengaruh Pendekatan TPACK (Technological Paedagogical and Content Knowledge) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMPN 12 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101062_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108101062_2_bab1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
2108101062_6_bab5.pdf

Download (263kB)
[img] Text
2108101062_7_dafpus.pdf

Download (280kB)

Abstract

Pendekatan TPACK merupakan strategi pembelajran yang mendorong pendidik untuk terus berinovasi dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, demikian pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, aktif dan relevan dengan kebutuhan siswa diera digital. Pada penelitian ini terdapat beberapa siswa Kelas VII di SMPN 12 Kota Cirebon yang masih pasif dalam mata pelajaran PAI BP, dimana guru juga lebih mengutamakan strategi Teacher Centered Learning yang kurang melibatkan siswa sehingga siswa juga hanya duduk saja diam dan tidak mempunyai gagasan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keaktifan belajar kelas VII C (kelas kontrol) dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan mengetahui keaktifan belajar kelas VII D (kelas eksperimen) yang menggunakan pendekatan TPACK. Serta, mengetahui penggunaan pendekatan TPACK (kelas eksperimen) lebih berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dibandingkan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran (kelas kontrol). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimen dalam bentuk Non-Equivalent Control Group dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, serta dokumentasi. Metode kuantitatif adalah metode yang bertujuan untuk menguji teori – teori yang ada yang memiliki relevansi antara variabel X dengan variabel Y. Hasil dari penelitian ini adalah keaktifan belajar pada siswa kelas VII C dengan 31 responden memiliki keaktifan belajar dengan nilai rata-rata sebesar 75% berada pada rentang prosentase 61%-80% yang menunjukan baik dan keaktifan belajar pada siswa kelas VII D dengan 32 responden memiliki keaktifan belajar dengan nilai rata-rata sebesar 90% berada pada rentang prosentase 81%-100% yang menunjukan sangat baik. Keaktifan belajar menggunakan pendekatan TPACK lebih berpengaruh dibandingkan keaktifan belajar yang hanya menggunakan strategi pembelajaran konvensional dapat dibuktikan pada uji regresi linear sederhana kelas kontrol memiliki nilai (R Square) sebesar 0,249 yang berarti pendekatan TPACK terhadap keaktifan belajar memiliki pengaruh sebesar 24,9%, sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai (R Square) sebesar 0,431 yang berarti bahwa pendekatan TPACK terhadap keaktifan belajar memiliki pengaruh sebesar 43,1%. Pada uji signifikan t menunjukkan bahwa rata – rata kelas kontrol 77,61 sedangkan rata – rata kelas eksperimen 82,97 dapat dinyatakan adanya perbedaan dan nilai signifikansi 0,007 untuk Kelas VII C (kelas kontrol), 0,008 untuk Kelas VII D (kelas eksperimen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa yang menggunakan pendekatan TPACK (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional (kelas kontro

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan TPACK, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:26
Last Modified: 11 Aug 2025 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16879

Actions (login required)

View Item View Item