PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 PANGENAN KABUPATEN CIREBON

Habibatul Jannah, (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 PANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101063_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108101063_2_bab1.pdf

Download (608kB)
[img] Text
2108101063_6_bab5.pdf

Download (650kB)
[img] Text
2108101063_7_dafpus.pdf

Download (554kB)

Abstract

Permasalahan yang banyak ditemukan dilapangan adalah model pembelajaran yang masih konvensional sehingga berdampak pada hasil belajar siswa sehingga hal tersebut menarik untuk diteliti. Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan dilapangan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran PABP masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memaparkan dengan jelas mengenai penerapan model pembelajaran RADEC di SMP Negeri 2 Pangenan, (2) untuk memaparkan dengan jelas mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP di SMP Negeri 2 Pangenan, serta (3) untuk menganalisis serta memahami seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Pangenan. Model pembelajaran RADEC memberikan kontribusi signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, tes serta dokumentasi dengan analisis deskriptif. Metode kuantitatif adalah metode yang bertujuan untuk menguji teori-teori yang ada yang memiliki relevansi antara variabel X dengan variabel Y. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa : (1) penerapan model pembelajaran RADEC di SMP Negeri 2 Pangenan Kabupaten Cirebon dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 85,8% karena berada pada rentang 81%- 100%, (2) hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran RADEC berada pada kategori “Tinggi” pada interval (75-90) dengan nilai sebesar 86,03. (3) pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 55,2% sedangkan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisis regresi ini atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil hipotesis melalui Uji Independent Sample T-Test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model RADEC, Hasil Belajar, PABP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:32
Last Modified: 11 Aug 2025 03:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16880

Actions (login required)

View Item View Item