Dampak Academic Burnout Pembelajaran keagamaan di SMP Daarut Tazkiyah dan Pondok Pesantren Daar Al Zahra serta Pengaruhnya terhadap Mutu Santri

Aliyatus Sholikah, (2025) Dampak Academic Burnout Pembelajaran keagamaan di SMP Daarut Tazkiyah dan Pondok Pesantren Daar Al Zahra serta Pengaruhnya terhadap Mutu Santri. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini diangkat untuk menganalisis dampak academic burnout pada santi yang mengikuti pendidikan di SMP Daarut Tazkiyah dan Pondok Pesantren Daar Al Zahra. Kedua sistem pendidikan ini dalam pembelajaannya memiliki pendekatan yang bebeda. Pendidikan formal menekankan prestasi akademik, sementara pesantren berkonsentrasi pada pengembangan moral dan prinsip keagamaan. Dengan ini, santri harus membagi waktu dan tenaga mereka antara tugas sekolah, hafalan, ibadah, dan aktivitas kepesantrenan yang padat. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, penurunan keinginan, dan tekanan psikologis. Namun, integrasi dua sistem pendidikan ini memiliki dampak negative dan positif. Keduanya mempengaruhi kualitas, ketahanan mental, dan kualitas perkembangan siswa secara keseluruhan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yakni: 1) Mengetahui kegiatan pembelajaran keagamaan di SMP Daarut Tazkiyah dan Pondok Pesantren Daar Al Zahra, 2) Mengetahui academic burnout pada santri yang mengikuti pembelajaran keagamaan di SMP Daarut Tazkiyah dan pembelajaran di pondok pesantren Daar Al Zahra, 3) Mengetahui seberapa besar dampak academic burnout pada santri yang mengikuti pembelajaran keagamaan di SMP Daarut Tazkiyah dan pembelajaran di pondok pesantren Daar Al Zahra. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis deskripstif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dekomentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri di SMP Daarut Tazkiyah dan Pondok Pesantren Daar Al Zahra mengalami Academic burnout karena beban pembelajaran, jadwal yang padat, kurangnya manajemen waktu, dan kurangnya dukungan emosional dan sosial. Akibatnya, mereka mengalami kelelahan emosional, gangguan fisik, dan penurunan prestasi akademik. Meskipun beberapa santri tidak mengalami dampak yang signifikan, beberapa mengalami kelelahan yang parah, sementara yang lain mampu beradaptasi melalui dukungan sosial dan kebiasaan positif. Kegiatan keagamaan yang terintegrasi di kedua lembaga sangat penting dalam membentuk kepribadian dan spiritualitas santri serta memperkuat ketahanan mental mereka. Penanganan secara menyeluruh dilakukan oleh guru dan ustadzah melalui pendekatan holistik, pendampingan akademik, dan komunikasi terbuka. Pendidikan integratif ini menghasilkan santri yang religius, tangguh secara emosional, dan unggul secara akademik. Kata Kunci: Academic Burnout, Mutu Santri , Pendidikan Integrasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Academic Burnout, Mutu Santri , Pendidikan Integrasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:44
Last Modified: 13 Aug 2025 01:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16882

Actions (login required)

View Item View Item