PENGARUH MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTS SALAFIYAH KOTA CIREBON

Ismi Latifah, (2025) PENGARUH MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTS SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101103_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108101103_2_bab1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
2108101103_6_bab5.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2108101103_7_dafpus.pdf

Download (244kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah kegiatan dalam proses pembelajaran masih menggunakan media whiteboard, sehingga pada proses belajar mengajar siswa terlihat tidak termotivasi dalam Belajar. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang cenderung mendengarkan materi yang disampaikan guru tanpa memberikan umpan balik, jarang merespon pertanyaan yang diberikan, dan tidak ada inisiatif untuk menanyakan materi yang kurang paham. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran Fikih melalui media pembelajaran Quizizz Paper Mode pada siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One Shoot Case Study. Adapun instrumen angket yang digunakan adalah posttest yang berbentuk pernyataan. Selanjutnya data dianalisis dengan product moment, koefesien determinasi dan uji signifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pembelajaran menggunakan media pembelajaran Quizizz Paper Mode di kelas VIII B memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,6%. 2) Motivasi belajar siswa di kelas VIII B memperoleh nilai rata-rata 89,7. 3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz Paper Mode terhadap Motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T dapat disimpulkan bahwa “t” pada taraf signifikansi 0,05 adalah 1,708 sedangkan nilai thitung = 3,606. Oleh karena itu, thitung > t tabel yaitu 3,606 > 1,708. Artinya diperoleh nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain berdasarkan kaidah di atas, artinya hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh media Quizizz paper mode terhadap motivasi belajar siswa di MTs Salafiyah Kota Cirebon adalah diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Quizizz Paper Mode, Motivasi Belajar, Fikih
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:52
Last Modified: 11 Aug 2025 06:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16906

Actions (login required)

View Item View Item