SITI AISAH, (2025) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 8 Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101109_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101109_2_bab1.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
2108101109_6_bab5.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
2108101109_7_dafpus.pdf Download (223kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran, menempatkan peserta didik sebagai pusat proses belajar, serta mendorong pengembangan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep perbedaan antara Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 Cirebon; menganalisis proses Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 8 Cirebon; menganalisis faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 8 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan signifikan dalam konsep kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka belajar yaitu pendekatan pembelajaran, pengembangan kurikulum, fokus pada keterampilan dan karakter, serta implementasi dan fleksibilitasnya. Kedua, Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 8 Cirebon melibatkan perencanaan yang matang, pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan penilaian yang terintegrasi. Ketiga, Faktor pendukung termasuk dukungan manajemen sekolah keterlibatan siswa dan adanya akses penggunaan teknologi. Sementara faktor penghambat meliputi mindset siswa, keterbatasan sarana dan prasarana, Keterbatasan sumber daya dan kendala dalam pelaksanaan P5. Berdasarkan temuan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 8 Cirebon menunjukkan pergeseran signifikan dari pendekatan pembelajaran yang bersifat pasif dalam Kurikulum 2013 menuju pembelajaran yang lebih aktif dan partisipatif. Dengan fokus pada penilaian formatif dan fleksibilitas materi, Kurikulum Merdeka tidak hanya berpusat pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:02 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |