Agi Barkah Yusup Asegaf, (2025) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema Bhineka Tunggal Ika Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Siswa Di SMAN 8 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101112_1_cover.pdf Download (750kB) |
![]() |
Text
2108101112_2_bab1.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
2108101112_6_bab5.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
2108101112_7_dafpus.pdf Download (224kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila, termasuk nilai toleransi. Namun, dalam praktiknya, fenomena intoleransi masih ditemukan di lingkungan sekolah. Untuk menjawab tantangan ini, Kurikulum Merdeka menghadirkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), salah satunya bertema Bhinneka Tunggal Ika yang bertujuan menanamkan nilai toleransi di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi P5 tema Bhinneka Tunggal Ika di SMAN 8 Kota Cirebon dalam menanamkan nilai toleransi; menganalisis efektivitas strategi yang digunakan; serta memberikan rekomendasi atas hambatan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan pendekatan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 cukup efektif dalam membentuk sikap toleran siswa, meskipun masih ditemui kendala seperti kurangnya pemahaman siswa, keterbatasan fasilitas, serta perlunya penguatan pelatihan bagi guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bhinneka Tunggal Ika, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Toleransi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:12 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |