PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 RAJAGALUH

SILVIA NURFAZRIA, (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 RAJAGALUH. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101119_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108101119_2_bab1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
2108101119_6_bab5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
2108101119_7_dafpus.pdf

Download (215kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa akibat metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajaran TGT dipilih karena menggabungkan unsur permainan dan kompetisi yang dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa secara kolaboratif. Model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) merupakan salah satu pendekatan kooperatif yang menggabungkan unsur permainan dan kompetisi antar tim sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Dalam praktik pembelajaran di banyak sekolah, termasuk SMPN 1 Rajagaluh, masih ditemukan siswa dengan motivasi belajar yang kurang optimal akibat metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penerapan model TGT diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menumbuhkan semangat, kerjasama, dan rasa tanggung jawab dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rajagaluh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) dan melibatkan siswa kelas VIII E sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh sebesar 69,4%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Rajagaluh.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament, motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam, SMPN 1 Rajagaluh
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:25
Last Modified: 11 Aug 2025 07:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item View Item