NUR AZIZAH, (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Penanganan Kenakalan Siswa Broken Home Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Guppi Kelas VIII. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101123_1_cover.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
2108101123_2_bab1.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
2108101123_6_bab5.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
2108101123_7_dafpus.pdf Download (261kB) |
Abstract
Kenakalan siswa merupakan masalah yang terus menjadi perhatian serius. Salah satu faktor penyebabnya adalah latar belakang broken home, yang membuat siswa rentan terlibat perilaku menyimpang dan berdampak negatif pada perkembangan diri serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bentuk kenakalan siswa broken home di MTs Al-Hidayah Guppi kelas VIII, 2) Mendeskripsika peran guru PAI dalam penanganan kenakalan siswa broken home di MTs Al-Hidayah Guppi kelas VIII, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam penanganan kenakalan siswa broken home. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) Bentuk kenakalan siswa broken home seperti membolos, coret-coret meja, memakai seragam tidak sesuai aturan, berisik saat jam pelajaran, datang terlambat, melanggar aturan tata tertib sekolah, susah disuruh shalat, tidak mengerjakan PR, berkelahi, berkata kasar atau jorok, Perundungan (bulyying). 2) Guru PAI memiliki peran yang sangat penting dalam menangani kenakalan siswa broken home melalui berbagai peran, antara lain: a) Demonstrator b) Pengelola kelas c) Mediator d) Fasilitator e) Evaluator 3) Faktor Pendukung dan Penghambat a) Faktor pendukung: kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah, dukungan sekolah, kedekatan guru dan siswa, serta adanya rasa tanggung jawab bersama dalam mendidik siswa. b) Faktor penghambat: pengaruh negatif lingkungan dan media (handphone), perlindungan orang tua yang berlebihan, keterbatasan waktu dan sarana di sekolah, serta kurangnya pengawasan dari orang tua di rumah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kenakalan Siswa, Broken Home, Peran Guru PAI |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:41 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |