NURLAELA, (2025) IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS XI DI MAN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101125_1_cover.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
2108101125_2_bab1.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
2108101125_6_bab5.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
2108101125_7_dafpus.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji permasalahan dalam pembelajaran di kelas XI D MAN 1 Kota Cirebon yang masih minim dengan aktivitas kolaboratif dan diskusi siswa dikelas, sehingga kemampuan siswa dalam berpikir analitis kurang terasah. Berdasarkan kondisi ini, penelitian ini mengkaji penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran al-Quran hadits untuk meningkatkan pemahaman, menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran al- Quran Hadits di MAN 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru Quran Hadits dan siswa kelas XI D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan problem based learning mendorong siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang kontekstual dengan nilai-nilai Quran Hadits, serta menunjukkan perkembangan dalam enam indikator berpikir kritis: fokus, alasan, menyimpulkan, situasi, kejelasan, dan pandangan menyeluruh, penerapan problem based learning juga terbukti memberikan dampak positif terhadap pengembangan berpikir kritis dan interaksi kolaboratif siswa di kelas. Selain itu, penerapan problem based learning dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits memudahkan pemahaman materi dengan relevansi pada masalah sehari-hari, tetapi terbatas oleh waktu yang dapat menghambat pemecahan masalah kompleks. Dengan demikian, model problem based learning dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Quran Hadits yang bermakna dan relevan dengan kehidupan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Quran Hadits, Berpikir Kritis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:43 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |