Imam Muslim, (2025) Korelasi Antara Kemampuan Menghafal Alquran Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di Smpit Al Multazam 2 Kuningan dan Mts Husnul Khotimah Kuningan. Masters thesis, S2_PAI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
imam muslim_1_cover.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text
imam muslim_2_bab1.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text
imam muslim_bab5.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
imam muslim_dafpus.pdf Download (347kB) |
Abstract
AlQuran merupakan kitab suci yang memiliki peran fundamental dalam kehidupan umat Islam, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu bentuk implementasi nilai-nilai AlQuran dalam pendidikan adalah melalui kegiatan menghafal (tahfidz) yang diyakini dapat memperkuat aspek kognitif, afektif, dan spiritual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menghafal AlQuran dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), serta membandingkan kekuatan hubungan tersebut antara siswa di SMPIT Al-Multazam 2 Kuningan dan MTs Husnul Khotimah Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif non-eksperimental (ex post facto). Desain ini digunakan karena peneliti tidak melakukan manipulasi variabel, melainkan menganalisis hubungan dan perbedaan korelasi antara dua kelompok (SMPIT Al-Multazam 2 dan MTs Husnul Khotimah) berdasarkan data yang telah ada. Sampel berjumlah 184 siswa, terdiri dari 112 siswa SMPIT Al-Multazam 2 dan 72 siswa MTs Husnul Khotimah, yang dipilih secara proporsional (25%) dari seluruh populasi. Data kemampuan menghafal diperoleh melalui angket berisi 30 item, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan data prestasi belajar PAI diperoleh dari dokumen nilai rapor. Teknik analisis meliputi uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji-t independen, dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dalam kemampuan menghafal AlQuran antara siswa SMPIT Al Multazam 2 dan MTs Husnul Khotimah (p = 0,006; Cohen‟s d = 0,423), serta perbedaan sangat signifikan dalam prestasi belajar PAI (p < 0,001; Cohen‟s d = 1,174). Namun, uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menghafal AlQuran dan prestasi belajar PAI, baik di SMPIT Al-Multazam 2 (r = 0,137; p = 0,149) maupun di MTs Husnul Khotimah (r = 0,080; p = 0,504). Dengan demikian, hipotesis nol diterima, dan tidak ditemukan perbedaan signifikan dalam kekuatan hubungan antara kedua sekolah. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemampuan menghafal AlQurantidak secara langsung berkontribusi signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam pelajaran PAI, meskipun tetap berperan penting dalam penguatan nilai spiritual dan karakter. Kata Kunci: Menghafal AlQuran, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Korelasi, Komparatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menghafal AlQuran, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Korelasi, Komparatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:19 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |