Wakhid, (2025) Penerapan Model Pembiasaan Pembelajaran PAI dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa Di SMP Muhammadiyah Karangampel Indramayu. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
1. Cover_Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) |
Abstract
Kedisiplinan siswa merupakan salah satu permasalahan utama yang masih menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan, mengingat pentingnya peran disiplin dalam menunjang keberhasilan belajar dan pembentukan sikap positif peserta didik. Di SMP Muhammadiyah Karangampel Indramayu masih ditemukan kasus yang menunjukkan rendahnya kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah, seperti keterlambatan datang ke sekolah, tidak mengenakan seragam sesuai aturan, serta kurangnya kesadaran untuk mengikuti pelajaran dengan tertib. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembiasaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah Karangampel Indramayu. (2) Mengetahui bentuk kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah Karangampel Indramayu. (3) Mengetahui penerapan model pembiasaan pembelajaran PAI dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah Karangampel Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Model Pembiasaan PAI di SMP Muhammadiyah Karangampel Indramayu dilakukan secara sistematis dan terintegrasi melalui berbagai kegiatan ibadah harian, kajian Islam, dan kegiatan keagamaan insidental yang melibatkan seluruh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, staf karyawan, hingga siswa. (2) Bentuk kedisiplinan di SMP Muhammadiyah Karangampel Indramayu dapat dikategorikan ke dalam empat aspek utama, yaitu kedisiplinan akademik, kedisiplinan sosial dan tata tertib, kedisiplinan spiritual, serta kedisiplinan digital. (3) Model pembiasaan keagamaan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kedisiplinan siswa seperti salat berjamaah, dzikir, dan tadarus yang rutin dilaksanakan menumbuhkan kesadaran, tanggung jawab, serta perilaku disiplin seperti ketepatan waktu, ketaatan pada tata tertib, dan kesopanan terhadap guru dan teman. Kata Kunci : pembiasaan, pembelajaran PAI, kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembiasaan, pembelajaran PAI, kedisiplinan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |