Eksplorasi Dimensi Filosofis Muhammad Iqbal tentang Pendidikan Islam (Telaah pada Puisi Filosofis Muhammad Iqbal dalam Buku Asrar-I Khudi)

Zahira Jannataini, (2025) Eksplorasi Dimensi Filosofis Muhammad Iqbal tentang Pendidikan Islam (Telaah pada Puisi Filosofis Muhammad Iqbal dalam Buku Asrar-I Khudi). Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
zahira_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zahira_bab1.pdf

Download (512kB)
[img] Text
zahira_bab5.pdf

Download (304kB)
[img] Text
zahira_dafpus.pdf

Download (490kB)

Abstract

Kurangnya kajian komprehensif tentang keterkaitan antara faktor internal eksternal dalam kehidupan Iqbal dengan karya filsafat dan puisinya menciptakan sebuah kekosongan dalam studi tokoh Muhammad iqbal. Selain itu, gagasan Iqbal juga belum banyak dimanfaatkan sebagai basis pengembangan teori pendidikan Islam yang kontekstual dan progresif. Pemikiran Iqbal pun sering dianggap utopis dan filosofis semata, sehingga belum banyak dikaji implementasinya dalam sistem pendidikan nyata. Perumusan masalah dari penelitian ini sebagai berikut (1) Bagaimana faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemikiran Muhammad Iqbal, serta bagaimana hal tersebut berkaitan dengan karya-karya filosofisnya? (2) Bagaimana gagasan ideal Muhammad Iqbal tentang pendidikan Islam dalam puisi filosofisnya ditinjau dari aspek ontologis, epistemologis dan aksiologis dalam buku Asrar-I Khudi ? (3) Bagaimana implementasi dan kontribusi Muhammad Iqbal dalam pendidikan Islam dari abad ke-19 hingga abad modern?. Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemikiran Muhammad Iqbal beserta karya-karya filosofisnya, (2) Menemukan gagasan ideal Muhammad Iqbal tentang pendidikan Islam dalam puisi filosofisnya ditinjau dari aspek ontologies, epistemologis dan aksiologis dalam buku Asrar-I Khudi (3) Menggambarkan implementasi dan kontribusi Muhammad Iqbal dalam pendidikan Islam abad ke-19 hingga abad modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran filosofis Muhammad Iqbal dilatar belakangi oleh didikan religius yang ia terima sejak kecil dari kedua orangtuanya. Pemikirannya juga dipengaruhi oleh situasi penjajahan oleh kolonialisme inggris. Selain itu beberapa tokoh dari timur seperti Ibnu Arabi, Al-Jilli dan Jalaludin Rumi, kemudian tokoh dari barat seperti Nietzsche dan Bergson juga turut mempengaruhi pemikiran filosofisnya. Terdapat 7 puisi dalam buku asrar-i khudi yang berkenaan langsung dan menjadi medan untuk Iqbal menuangkan gagasan filosofisnya tentang Pendidikan Islam. Muhammad Iqbal juga memberikan banyak kontribusi di abad 19-20 awal, hingga abad 21 atau abad modern. Pemikiran beliau juga sudah banyak diimplementasikan dalam berbagai hal khususnya dalam pendidikan Islam. Kata Kunci: Pendidikan Islam, gagasan filosofis, Muhammad Iqbal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, gagasan filosofis, Muhammad Iqbal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:45
Last Modified: 13 Aug 2025 01:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item