Anam Khoirul Rozak., (2025) Efektivitas Model Pembelajarn Assure dan Motivasi BelajarTerhadap Hasil Belajar PAI Di SMK Pusat Keunggulan Ma‟arif Pangenan Kabupaten Cirebon. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
anam_cover.pdf Download (894kB) |
![]() |
Text
anam_bab1.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
anam_bab5.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
anam_dafpus.pdf Download (451kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah upaya untuk mengembangkan kualitas seseorang dalam berbagai aspek, melalui tahapan pengembangan kemampuan, perilaku dan penggunaan hampir seluruh pengalaman seseorang. Tuntutan pendidikan era sekarang adalah untuk menghadapi tantangan diantaranya perkembangan saintek.Pembelajaran PAI selama ini masih didominasi dengan metode tekstual sehingga hasil belajar pada mata pelajaran PAI masih berkutat pada standar Kriteria Ketentuan Minimum (KKM). Penerapan model assuredan motivasi belajar diharapkan membantu menyesuaikan metode, media dan materi pembelajaran yang akan digunakan agar relevan dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran assure terhadap hasil belajar PAI di SMK PK Ma’arif Pangenan, 2) Untuk menganalisis efektivitas motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI di SMK PK Ma’arif Pangenan, 3) Untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran assure dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI di SMK PK Ma’arif Pangenan. Model assure merupakan model yang dikembangkan oleh Smaldino, dkk dan tahapan dari Analysis learne, State objective, Select methods, media and material, Utilize materials, Require learner participation, Evaluation and revise. Motivasibealajaradalahdaya penggerak dalam diri peserta didik yang mendorong kegiatan belajar, menjamin keberlangsungan kegiatan belajar, dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan belajar dapat tercapai. Hasilbelajar adalah perubahan pola-pola yang dialami oleh peserta didik baik perbuatan, nilainilai, maupun kompetensi tertentu kognitif, afektif atau psikomotor yang terjadi setelah melalui proses kegiatan belajar yang diberikan oleh guru. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, metode yang digunakan eksperimen dengan desain Quasy Eksperiment Design. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, angket, tes, dan dokumentasi. Populasiberjumlah 222 orang siswa. Teknik pengambilansampel yang digunakanadalahpurposive sampling, sampelyang digunakanberjumlah 60 darikelas X. Data yang diperolehkemudian di analisisstatistikdengan uji ANOVA (regresi linier berganda) denganbantuansoftware SPSS Statistic 26.0.Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan 10,33 poin rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran assuresebesar 79,33, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya mencapai 69,00. Motivasi belajar terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji regresi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,026 <0,05 yang berarti bahwa motivasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Assure, MotivasiBelajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |