Aina Ristia, (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 SUMBER. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101136_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101136_2_bab1.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
2108101136_6_bab5.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
2108101136_7_dafpus.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi SMP Negeri 2 Sumber yang memiliki kelas campuran dengan latar belakang agama dan peserta didik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI, faktor pendukung dan faktor penghambatnya serta untuk mengetahui dampak implementasi terhadap sikap peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, berfokus pada wakil kurikulum, peserta didik dan guru PAI sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi yang ditemukan yakni pelatihan guru, peng-integrasian nilai-nilai multikultural dalam materi pembelajaran, program kelas inklusif dan pelaksanaan nilai-nilai universal. Faktor pendukung implementasi ini meliputi identitas budaya yang memperkaya, dialog antar budaya sebagai solusi konflik, pembelajaran inklusif yang menjunjung kesetaraan. Terdapat tantangan berupa kekurangan guru agama non-Muslim, sekolah memberikan kebebasan berpartisipasi dalam PAI dan menyerahkan penilaian pembelajaran agama kepada guru mereka di luar sekolah. Dukungan sekolah terhadap pelatihan guru terkait tantangan multikultural juga menjadi faktor pendukung. Impelementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI menyebabkan terbentuknya sikap toleransi dan empati, terbentuknya sikap keadilan dan kesetaraan serta terbentuknya sikap mandiri dalam kehidupan global. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sumber berjalan dengan baik meskipun terdapat keterbatasan sumber daya, dan berkontribusi positif terhadap pembentukan karakter sosial peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multikultural, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |