PENGARUH PENGGUNAAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON

LINDAAINUN FATIHAH, (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101138_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108101138_2_bab1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
2108101138_6_bab5.pdf

Download (319kB)
[img] Text
2108101138_7_dafpus.pdf

Download (278kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Cirebon, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan data daftar hadir selama semester genap, tingkat kehadiran siswa kelas VIII hanya mencapai rata-rata 78%, dan rata-rata nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 70 dari KKM 75. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah pemberian reward dan punishment, baik secara terpisah maupun bersamaan, memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI, (2) pengaruh punishment terhadap motivasi belajar siwa kelas VIII pada mata pelajaran PAI, (3) pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reward berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan kontribusi sebesar 22,5%, meskipun termasuk dalam kategori pengaruh lemah. (2) Punishment juga berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 87,2%, yang menunjukkan pengaruh sangat kuat. (3) Secara simultan, reward dan punishment memberikan pengaruh signifikan dan sangat kuat terhadap motivasi belajar dengan kontribusi sebesar 87,4%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode reward dan punishment secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan dan dominan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Reward dan Punishment, Motivasi Belajar Siswa, PAI.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:31
Last Modified: 14 Aug 2025 01:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16962

Actions (login required)

View Item View Item