Sri Devi Yanti, (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Sumber. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101139_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101139_2_bab1.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
2108101139_6_bab5.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
2108101139_7_dafpus.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya motivasi belajar peserta didik di SMPN 2 Sumber dalam pembelajaran PAI meskipun guru telah menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis dan media grafis, akan tetapi motivasi belajar peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites pada mata pelajaran PAI kelas VII, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed methods dengan model campuran sekuensial/bertahap (sequential mixed methods) terutama metode sequential explanatory design. Penelitian ini menggunakan sumber data primer sekunder. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji signifikansi (t). Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites di SMPN 2 Sumber dikategorikan kuat yaitu sebesar 78,4%. Manfaatnya meliputi pembelajaran yang lebih menarik, akses materi yang mudah dan cepat, serta kemampuan menyimpan silabus dan tugas. Namun, terdapat hambatan seperti keterbatasan perangkat, kurangnya kemampuan SDM dalam multimedia, masalah jaringan, dan potensi distraksi siswa. (2) motivasi belajar peserta didik SMPN 2 Sumber dikategorikan sangat kuat yaitu sebesar 82,8%. Perubahan perilaku yang terlihat meliputi peningkatan konsentrasi, tanggap terhadap pertanyaan guru, disiplin dan tanggung jawab dalam tugas, keinginan berprestasi, semangat dan antusiasme aktif dalam belajar, serta fokus pada materi yang mengurangi kebiasaan mengobrol.. (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites terhadap motivasi belajar peserta didik di SMPN 2 Sumber adalah sebesar 51,6%, sisanya 48,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun demikian, uji hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan. Pengaruh positif yang ditemukan meliputi: membuat siswa menjadi lebih termotivasi, mempermudah peserta didik dalam memahami materi, mendorong rajin belajar secara mandiri, dan menumbuhkan sikap serta keterampilan dalam bidang teknologi. Penelitian lanjutan diharapkan untuk melakukan pengembangan pada media pembelajaran Google Sites.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Google Sites, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:36 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |