ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH (MA) ISLAMIC CENTRE CIREBON

Lutvia Rahmah, (2025) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH (MA) ISLAMIC CENTRE CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101143_1_cover.pdf

Download (996kB)
[img] Text
2108101143_2_bab1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
2108101143_6_bab5.pdf

Download (233kB)
[img] Text
2108101143_7_dafpus.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran menyebabkan siswa jenuh, kurang antusias, dan berdampak pada menurunnya motivasi serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Media audio visual dipilih untuk menyampaikan materi secara visual dan menarik, sehingga memudahkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran SKI, pemahaman siswa setelah belajar menggunakan media audio visual serta faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media audio visual pada mata pelajaran SKI di MA Islamic Centre. Penelitian ini bersifat kualitatif, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Islamic Centre Cirebon terbukti efektif. Pembelajaran dilakukan dengan persiapan matang, termasuk penyampaian tujuan dan pengecekan media. Penggunaan media audio visual berdampak positif, membuat siswa lebih fokus, termotivasi, sehingga siswa mudah memahami materi, kendala teknis dapat diatasi guru agar pembelajaran tetap efektif. Pemahaman siswa terhadap materi menunjukkan hasil yang baik. Mayoritas siswa mampu menjelaskan kembali, merangkum, memberikan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta menarik kesimpulan. Hasil ini diperkuat oleh data pada tabel 2, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X MA Islamic Centre Cirebon meningkat dari kategori cukup (rentang nilai 51-69) menjadi kategori baik (rentang nilai 70-80). Penggunaan media audiovisual didukung oleh fasilitas yang memadai, materi yang mudah diakses, dan kualitas internet yang baik. Namun, masih ada kendala seperti gangguan cahaya, suara speaker yang tidak stabil, dan kualitas video yang kurang optimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kurangnya Pemanfaatan Media, Media Audio Visual, Pemahaman Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:38
Last Modified: 14 Aug 2025 01:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16964

Actions (login required)

View Item View Item