Diah Ayu Saputri, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Togrther (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI Widhatusysyubban Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
1808107135_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1808107135_2_bab1.pdf Download (635kB) |
![]() |
Text
1808107135_6_bab5.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
1808107135_7_dafpus.pdf Download (429kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada motivasi belajar siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan masih berpusat pada guru. Pembelajaran berbasis model inovatif seperti Numbered Heads Together (NHT) yang diharapkan mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu strategi kooperatif yang dirancang untuk melibatkan seluruh siswa dalam proses pembelajaran secara aktif dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Akidah, motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak dan pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Widhatusysyubban Kabupaten Brebes. Metode Number Head Together (NHT) adalah strategi pembelajaran kooperatif yang mendorong partisipasi aktif siswa melalui diskusi kelompok dan penunjukan acak anggota untuk menjawab. Sedangkan Motivasi belajar siswa adalah dorongan internal maupun eksternal yang mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar guna mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptis. kuantitatif adalah kuantitatif yang dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilaksanakan secara keseluruhan kelas V Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang datanya merupakan data kuantitatif. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penerapan Numbered Heads Together (NHT)dan motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi < 0,001 dan nilai Beta sebesar 0,982. Ini berarti bahwa semakin baik pelaksanaan model NHT oleh guru, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) layak dipertimbangkan sebagai strategi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Numbered Heads Togrther (NHT), Motivasi, Akidah Akhlak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |