PENGARUH MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V MIN 2 KUNINGAN

RIZKI NUR ROHMAN, (2025) PENGARUH MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V MIN 2 KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
1908107079_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908107079_2_bab1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
1908107079_6_bab5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
1908107079_7_dafpus.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik digital terhadap pemahaman karakter disiplin siswa kelas V di MIN 2 Kuningan. Masalah kedisiplinan yang masih sering ditemui di lingkungan sekolah mendorong perlunya inovasi dalam metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen menggunakan media komik digital dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pemahaman karakter disiplin pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 66,8, meningkat menjadi 84,6 pada posttest. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, media komik digital terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman karakter disiplin siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Disiplin, Media Pembelajaran, Karakter Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:59
Last Modified: 14 Aug 2025 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item