PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA DAERAH PADA SISWA KELAS III DI MI MIFTAHUL HUDA 1 CIREBON

Rara Auranisa, (2025) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA DAERAH PADA SISWA KELAS III DI MI MIFTAHUL HUDA 1 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2008107081_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107081_2_bab1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
2008107081_6_bab5.pdf

Download (402kB)
[img] Text
2008107081_7_dafpus.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya tutur kata yang santun dalam berbahasa. Dalam proses pembelajaran masih ditemukan beberapa siswa yang menggunakan bahasa tidak santun Seperti berbicara tidak sopan, kasar, mengeraskan suara dan suka mengolok-ngolok dengan teman sebayanya di dalam kelas. Serta belum terbiasa menerapkan unggah-ungguh basa. Terutama dalam hal berbicara bahasa jawa contohnya berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa jawa krama inggil. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan media video animasi menggunakan bahasa cirebon pada pembelajaran unggah-ungguh basa di kelas III MI Miftahul Huda 1 Cirebon. Media video animasi adalah suatu media yang berisikan kumpulan gambar yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio yang menarik serta mengandung nilai-nilai pembelajran. Media video animasi ini salah satu alternatif pemilihan media pembelajaran serta upaya guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa serta tuturan yanng baik dan santun dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Grup Pretest Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena pengambilan seluruh siswa kelas III MI Miftahul Huda Cirebon yang berjumlah 27 siswa. Data di kelolah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan media video animasi terhadap kesantunan berbahasa daerah pada siswa kelas III MI Miftahul Huda 1 Cirebon dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru memperoleh skor sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Skor angket kesantunan berbahasa daerah siswa sebesar 72,4% dan termasuk dalam kategori tinggi. Terhadap pengaruh media video animasi terhadap kesantunan berbahasa daerah pada siswa kelas III MI Miftahul Huda 1 Cirebon dengan nilai Sig.0.001 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa diterima artinya terdapat pengaruh antara penggunaan media video animasi terhadap kesantunan berbahasa daerah pada siswa kelas III MI Miftahul Huda 1 Cirebon. Pada uji N-Gain didapatkan skor 0,3 dapat diartikan adanya peningkatan rata-rata pada indeks pretest dan postest dalam hal ini termasuk dalam kategori sedang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Kesantuan Berbahasa Daerah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:17
Last Modified: 14 Aug 2025 03:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16986

Actions (login required)

View Item View Item