Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Mi Pui Cilimus

Nurul Septianingsih, (2025) Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Mi Pui Cilimus. UNSPECIFIED thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2008107085_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107085_2_bab1.pdf

Download (486kB)
[img] Text
2008107085_6_bab5.pdf

Download (371kB)
[img] Text
2008107085_7_dafpus.pdf

Download (590kB)

Abstract

Keterampilan komunikasi merupakan kompetensi esensial bagi siswa di era globalisasi karena mendukung pemikiran kritis, kolaborasi, dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Meski penting, banyak siswa masih menghadapi kendala komunikasi seperti kurangnya kepercayaan diri dan kesulitan dalam menyampaikan ide dengan jelas. Untuk mengatasi hal ini, metode simulasi diperkenalkan sebagai pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif untuk membantu siswa mengasah keterampilan komunikasi secara praktis. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dampak metode simulasi terhadap keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran PKn di MI PUI Cilimus. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain One-Group Pretest- Posttest, penelitian ini melibatkan 26 siswa kelas III A sebagai sampel. Tes keterampilan komunikasi dilakukan sebelum dan sesudah penerapan metode simulasi, dan hasilnya dianalisis untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan komunikasi siswa setelah penerapan metode simulasi. Skor ratarata siswa meningkat dari 58,2 pada pretest menjadi 88,2 pada posttest. Uji statistik paired t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa metode simulasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa. Temuan ini memperlihatkan bahwa metode simulasi efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, terutama dalam pembelajaran PKn. Penggunaan simulasi memungkinkan siswa memahami materi dalam konteks yang lebih nyata dan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berkomunikasi. Implikasi dari penelitian ini memberikan dasar bagi para pendidik untuk mempertimbangkan penerapan metode simulasi sebagai bagian dari strategi pembelajaran, khususnya dalam PKn, guna mengoptimalkan hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi, Keterampilan Berkomunikasi, Pembelajaran PKn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:28
Last Modified: 14 Aug 2025 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16987

Actions (login required)

View Item View Item