Dwi Suginta, (2025) ANALISIS DAMPAK POLA ASUH OTORITER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA KELAS V DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107012_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107012_2_bab1.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
2108107012_6_bab5.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
2108107012_7_dafpus.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari pola asuh otoriter yang diterapkan oleh orang tua sehingga menyebabkan banyak persoalan dalam perkembangan sosial emosional anak. Pola asuh yang cenderung memaksa, mengikat, keras dan tidak memberikan kesempatan bagi anak untuk berbicara mengakibatkan anak tumbuh menjadi pribadi yang mengalami banyak permasalahan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pola asuh otoriter terhadap perkembangan sosial emosional siswa kelas V di MI Al Washliyah Perbutulan. Pola asuh otoriter yang orang tua terapkan ke anak tanpa disadari perkembangan sosial anaknya akan menghambat dan dapat memperburuk kondisi dengan tekanan dan tuntutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis dampak pola asuh otoriter yang terhadap perkembangan sosial emosional siswa di MI AL Washliyah Perbutulan yakni berdampak negatif dan dampak positif. Dampak negatif yaitu anak menjadi malu, tidak percaya diri, takut, cemas, serta tidak dapat mengontrol emosinya dengan baik. Dampak positif dari pola asuh otoriter yaitu anak menjadi taat pada aturan orang tua ,memiliki kesabaran, disiplin , dan secara akademis anak menjadi bagus dengan pola asuh otoriter seringkali cerdas dan pandai karena orang tuanya memiliki aturan yang ketat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Otoriter, Perkembangan Sosial Emosional Anak. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:36 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |