Pembentukan Karakter Religius Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita Kisah Islami di TK Selendang Asih Desa Patuanan Kabupaten Majalengka

FANNY ALBAR GIARETTA, (2024) Pembentukan Karakter Religius Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita Kisah Islami di TK Selendang Asih Desa Patuanan Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
1908108035_1_cover.pdf

Download (851kB)
[img] Text
1908108035_2_bab1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
1908108035_6_bab5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
1908108035_7_dafpus.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan karakter anak usia dini yaitu belum terbentuknya karakter religius anak di TK Selendang Asih. Faktor penyebabnya adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekitar dan pola asuh orangtua. Tujuan penelitian yaitu: mengetahui proses kegiatan bercerita kisah islami di TK Selelndang Asih Desa Patuanan, mengetahui pembentukan karakter religius anak usia dini di TK Selendang Asih Desa Patuanan dan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius anak usia dini melalui kegiatan bercerita kisah Islami di TK selendang Asih Desa Patuanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru, anak dan orangtua. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembentukan karakter religius anak usia dini melalui kegiatan bercerita kisah Islami di TK Selendang Asih Desa Patuanan Kabupaten Majalengka yaitu berfokus pada karakter religius jujur dan tanggung jawab. Kegiatan bererita kisah islami dilaksanakan setiap hari kamis dan sabtu sebelum masuk ke pembelajaran inti. Cerita islami yang di sampaikan menceritakan tentang kejujuran dan tanggung jawab seperti pembentukan karakter jujur dengan cara guru menceritakan kisah Abdul Qadir dan kisah perempuan penjual susu yang jujur pada zaman khalifah Umar bin Khatab, pembentukan karakter tanggung jawab dengan cara guru menceritakan kisah Rasulullah di hari raya dan kisah nabi Yunus. Dengan menceritakan kisah tersebut secara rutin dan terus menerus dilakukan, hal tersebut mampu membentuk pribadi anak yang memiliki akhlak jujur serta bertanggung jawab. hal ini terlihat dari dampak psikologis yang dialami anak, dengan munculnya kesadaran dalam diri anak untuk menerapkan perilaku yang jujur dan bertanggung jawab baik disekolah maupun dirumah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Religius, Bercerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:37
Last Modified: 14 Aug 2025 03:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item View Item