Evaluasi Pembelajaran Edutainment di RA Dewi Sartika Kabupaten Kuningan.

RIKEU FADILA, (2024) Evaluasi Pembelajaran Edutainment di RA Dewi Sartika Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
2008108028_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008108028_2_bab1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
2008108028_6_bab5.pdf

Download (368kB)
[img] Text
2008108028_7_dafpus.pdf

Download (380kB)

Abstract

Edutainment merupakan suatu strategi pembelajaran yang dalam proses kegiatannya berusaha mengajarkan atau memfasilitasi interaksi sosial kepada peserta didik dengan memasukkan berbagai pembelajaran yang didesain dengan memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis sehingga aktivitas pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan dan dapat mengembangkan ide, kreativitas dan inovasi sesuai dengan perkembangan anak. Pada pembelajaran Edutainment perlu dievaluasi agar mengetahui sejauh mana kegiatan tersebut dilaksanakan, serta untuk memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kegiatan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran Edutainment yang telah diterapkan di RA Dewi Sartika Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif, dengan menggunakan Model Evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Subyek penelitiannya yaitu Kepala sekolah dan para guru tiap kelas. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa di RA Dewi Sartika Kabupaten Kuningan pada komponen konteks sudah baik dalam program pembelajaran kurikulum 2013 dilengkapi RPPH dan RPPM. Pada evaluasi input sudah memenuhi kriteria seperti tenaga pendidik yang sudah sesuai dengan standar pendidikan PAUD, sarana dan prasarana kelas dan sekolah yang sudah memenuhi kelengkapan dalam pembelajaran edutainment. Evaluasi proses telah memenuhi sesuai dengan pembelajaran edutainment, guru sudah menerapkan pembelajaran edutainment dengan menggunakan metode yang berbeda-beda setiap harinya, media/alat pembelajaran menyesuaikan dengan tema dan sub tema, dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat pembukaan, inti dan penutup. Sementara pada evaluasi produk menunjukan tingkat keberhasilan selama pembelajaran anak mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan dapat belajar lebih kreatif. Pembelajaran edutainment telah dilaksanakan sesuai dengan indikator yang diharapkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, Edutainment
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:50
Last Modified: 14 Aug 2025 03:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16998

Actions (login required)

View Item View Item