Tuti alwiyah, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Diferensiasi Menggunakan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Literasi Matematika SiswaKelasVMiSalafiyahKotaCirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107029_1_cover.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
2108107029_2_bab1.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
2108107029_6_bab5.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
2108107029_7_dafpus.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Hal ini cendung karna masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru, dengan siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru sesuai dengan buku pelajaran sehingga peserta didik mengalami kesulitan dan memahami pelajaran tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran diferensiasi dengan menggunakan media augmented reality pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Model Diferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa, Karena model ini melibatkan serangkaian keputusan yang masuk akal yang dibuat oleh guru, dengan fokus pada kebutuhan dan karakteristik unik dari masing-masing siswa. Media Augmented Reality adalah teknologi yang mengintegrasikan objek virtual dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi dan kemudian memproyeksikan objek-objek virtual tersebut dalam waktu nyata. Maka dari itu, Media ini cocok untuk pembelajaran Matematika Khususnya materi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model diferensiasi menggunakan media augmented reality dan benda konkret pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. (2) mengetahui kemampuan literasi matematika setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model diferensiasi dengan berbantuan media augmented rality dan benda konkret pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh model diferensiasi dengan berbantuan media augmented rality dan benda konkret pada mata pelajaran bahasa Matematika siswa kelas MI Salafiyah Kota Cirebon. (4) mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika antara model pembelajaran diferesiasi menggunakan augmented reality dengan model pembelajaran diferensiasi menggunakan benda konkret pada mata pelajaran Matematika siswa kelas v di sekolah mi salafiyah kota cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain two-group experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan Tes. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon yang berjumlah 46 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Penerapan model diferensiasi menggunakan media augmented reality dan benda konkret terhadap literasi matematika pada mata pelajaran Matematika siswa kelas VA MI Salafiyah Kota Cirebon selama tiga kali penerapan berdasarkan hasil observasi pengamatan aktivitas peneliti menunjukkan 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil skor tes kelas kesperimen satu setelah mendapatkan perlakuan yaitu rata-rata sebelum diberi perlakuan 45 sedangkan rata-rata sesudah diberi perlakukan adalah 66. Kemudian berdasarkan tabel 13 yaitu sebelum diberi perlakuan skor terendahnya adalah 5 dan skor tertingginya adalah 75 Sedangkan setelah diberi perlakuan skor terendahnya adalah 25 dan skor tertingginya adalah 85. Kemudian iii sebelum diberi perlakuan mendapatkan standar deviasi 21 dan setelah mendapatkan perlakuan mendapatkan 13,25. Jadi, stadar deviasi atau sebaran data pada kelas eksperimen satu dikategorikan baik. Dan Hasil Skor Tes Eksperimen dua setelah diberi perlakuan yaitu mendapatkan rata-rata sebelum diberi perlakuan 48,5 sedangkan rata-rata sesudah diberi perlakukan adalah 73. Kemudian berdasarkan tabel 13 yaitu sebelum diberi perlakuan skor terendahnya adalah 20 dan skor tertingginya adalah 75 Sedangkan setelah diberi perlakuan skor terendahnya adalah 40 dan skor tertingginya adalah 90. Kemudian sebelum diberi perlakuan mendapatkan standar deviasi 15,61 dan setelah mendapatkan perlakuan mendapatkan 9,83. Jadi, stadar deviasi atau sebaran data pada kelas eksperimen dua dikategorikan baik. Terdapat pengaruh pada yaitu Sig. < α yaitu 0.01 < 0.05 yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran diferensasi menggunakan media augmented reality dan benda konkret terhadap literasi matematika pada mata pelajaran Matematika siswa kelas VA MI Salafiyah Kota Cirebon. Dan Pada Penelitian ini didapatkan hasil uji hipotesis Independent Sample T test yaitu diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.041 > 0.05, ini berarti menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Namun dari kedua kelas eksperimen tersebut perbedaan pada hasil belajar kelas eksperimen benda konkret lebih besar daripada kelas eksperimen menggunakan augmented reality.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Diferensiasi, Literasi Matematika, Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |