RIF’ATUN NISA ZULVA, (2025) Analisis Konten Youtube Dalam Meningkatkan Life-skill Anak Usia Dini di RA Bani Barun Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.
![]() |
Text
2108108007_1_cover.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
2108108007_2_bab1.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
2108108007_6_bab5.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
2108108007_7_dafpus.pdf Download (252kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman di era digital saat ini telah berkembang dengan cepat. Pada awal tahun 2024 menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki 185,3 juta pengguna internet dan penetrasi internet 66,5%. Serta pada Januari 2024, 139 juta orang di Indonesia pengguna media social. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya penggunaan platform media sosial di Indonesia. Akan tetapi masih kurangnya kesadaran orang tua dalam menggunakan media sosial khususnya konten edukatif untuk anak, perlunya menumbuhkan kesadaran orang tua dalam mengakses konten edukatif untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui sebaran konten youtube bermuatan life-skill untuk anak usia dini. 2) Mengetahui jenis-jenis life-skill yang terdapat pada konten youtube. 3) Mengetahui konten youtube yang dapat meningkatkan life-skill anak usia dini Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Kuesioner ini peneliti gunakan untuk mengetahui jenis konten dan channel youtube yang biasa dikunjungi orang tua. Kemudian peneliti menganalisis dan memilah channel youtube yang termasuk pada jenis-jenis life-skill sesuai dengan ketentuan yang peneliti buat. Data wawancara digunakan untuk mengetahui jenis konten-konten yang biasa dikunjungi orang tua dapat meningkatkan life-skill anka usia dini serta mengetahui life-skill sudah diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian dari sebaran angket pada orang tua di RA Bani Barun kabupaten Majalengka, terdapat 37 responden dan peneliti memilah 9 (sembilan) responden dengan 6 (enam) channel youtube yang di dalamnya terdapat konten yang mengandung jenis-jenis life-skill menurut Departemen Pendidikan Nasional, berikut konten yang menjadi pilihan orang tua: 1) Marbel�Learning and Kids Song yang di dalamnya terdapat jenis-jenis academic skill dan vocational skill, 2) Bebefin, yang di dalamnya terdapat jenis-jenis personal skill, 3) Bimbel Pemula, yang di dalamnya terdapat jenis-jenis academic skill, 4) Babalilitata, yang di dalamnya terdapat jenis-jenis academic skill, thinking skill, personal skill, social skill dan vocational skill, 5) Little Angel Bahasa Indonesia, yang di dalamnya terdapat jenis-jenis personal skill, dan 6) Kastari Sentra, yang di dalamnya terdapat jenis-jenis academic skill dan thinking skill. Pada penelitian ini telah memberikan pemahaman mengenai kesadaran orang tua dalam mengakses konten edukatif untuk anak usia dini, akan tetapi terdapat beberapa aspek yang memerlukan pendalaman lebih lanjut terkait faktor yang menjadi penyebab rendahnya kesadaran orang tua dengan penggunaan teknik pengumpulan data yang lebih spesifik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Youtube, Life-skill, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:09 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |