Tabitha Oktaviani, (2025) Pengaruh Sensory Play Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Usia Dini di RA Aisyiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.
![]() |
Text
2108108008_1_cover.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
2108108008_2_bab1.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
2108108008_6_bab5.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
2108108008_7_dafpus.pdf Download (237kB) |
Abstract
Konsentrasi adalah kemampuan dalam proses pembelajaran di usia dini, memungkinkan anak untuk fokus pada tugas tertentu, memahami informasi, dan menyelesaikan aktivitas efektif. Sensory play adalah jenis permainan stimulasi pada pancaindra anak, melibatkan kesadaran spasial, keseimbangan, dan gerakan, yang membentuk serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini. Tetapi, tidak semua anak memiliki kemampuan konsentrasi yang optimal, seperti anak tidak memperhatikan instruksi saat kegiatan pembelajarn. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang mendukung pengembangan konsentrasi melalui aktivitas yang menyenangkan dan relevan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sensory play terhadap peningkatan konsentrasi anak usia dini di RA Aisyiyah Kota Cirebon. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ekperimen dengan jenis Pre-Eksperimental One-Group Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel terdiri dari 10 anak di kelas A. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan konsentrasi anak usia dini kelompok A di RA Aisyiyah Kota Cirebon. setelah diberikan perlakuan sensory play bahwa terdapat peningkatan terhadap konsentrasi anak usia dini di RA Aisyiyah termasuk dalam kategori sangat baik dari sebelum adanya perlakuan. Hal tersebut dilihat dari hasil pretes dengan rata-rata 59% termasuk kedalam kategori baik dari sebelumnya. Setelah diberikan perlakuan berupa kegiatan sensory play nilai rata-ratanya bertambah menjadi sangat baik yaitu 85%. Kemudian dilakukan pengujian data menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh dari sensory play terhadap peningkatan konsentrasi anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sensory Play, Konsentrasi, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:12 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |