Pengembangan Media Counting Smart Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah Tenjolayar.

DEVI RAHMAWATI, (2025) Pengembangan Media Counting Smart Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah Tenjolayar. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
2108108017_1_cover.pdf

Download (915kB)
[img] Text
2108108017_2_bab1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
2108108017_6_bab5.pdf

Download (335kB)
[img] Text
2108108017_7_dafpus.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan numerik anak usia dini di kelompok B2 RA Al-Hidayah Tenjolayar, yang disebabkan oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Counting Smart Box sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan numerik anak melalui pendekatan yang menyenangkan, konkret, dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang disederhanakan hingga lima tahap: identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan produk, validasi desain, dan revisi. Validasi dilakukan oleh ahli media dan materi, serta uji coba terbatas di kelas B2 RA Al-Hidayah Tenjolayar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Counting Smart Box memperoleh nilai rata-rata kelayakan sebesar 96,2% dari kedua validator, termasuk dalam kategori “sangat layak”. Uji coba terhadap 16 anak menunjukkan peningkatan kemampuan numerik dari rata-rata 48,7% (kategori Mulai Berkembang) menjadi 67,1% (kategori Berkembang Sesuai Harapan). Selain itu, media juga dinilai layak oleh guru kelas dengan persentase skor sebesar 92%. Media Counting Smart Box efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan numerik anak usia dini karena menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, membantu anak mengenal dan menghafal angka, meningkatkan motivasi belajar, serta sesuai dengan tahap perkembangan anak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Kemampuan Numerik, Anak Usia DIni, Counting Smart Box.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:17
Last Modified: 14 Aug 2025 04:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item View Item