NIHAYAH ZAEN ELKAFAF, (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TEKS EKSPOSISI KELAS V DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107076_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107076_2_bab1.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
2108107076_6_bab5.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
2108107076_7_dafpus.pdf Download (386kB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan yang dialami oleh Siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia terutama pada teks eksposisi kelas V MI HIDAYATUL MUBTADIIN. Sedangkan tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh Siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada teks eksposisi kelas V MI HIDAYATUL MUBTADIIN. Hasil analisis tes kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita kepada peserta didik menunjukkan nilai rata-rata peserta didik yaitu 63,51dari data tersebut dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan rendah. Dari hasil wawancara dan rubrik penilaian dapat di simpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan menentukan ide pokok, menuliskan kembali cerita secara singkat dan rendahnya penguasaan materi teks eksposisi Penelitian yang dilakukan peneliti merupakan jenis analisis atau Pendekatan kualitatif untuk pengumpulan data, analisis, interpretasi, dan penulisan laporan berbeda dari pendekatan kuantitatif tradisional. Pengambilan sampel secara sengaja, pengumpulan data terbuka, analisis teks atau gambar, representasi informasi dalam gambar dan tabel, dan interpretasi pribadi dari temuan semua menginformasikan metode kualitatif Dari Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti jumlah siswa keseluruhan di kelas V MI Hidayatul Mubtadiin yang berjumlah 27 siswa, dengan hasil rata-rata siswa yang masih kuang menguasai materi teks eksposisi sekitar 80%, hasil belajar menyelesaikan soal cerita yang masih dibawah rata-rata yaitu 85%, dan kesulitan memahami isi soal cerita seperti alur, tokoh, dan ide pokok yaitu 88%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa di MI Hidayatul Mubtadiin rata-rata kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada teks ekspsoisi di kelas V MI Hidayatul Mubtadiin meliputi beberapa hal diantaranya peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok, mencari nilai nilai moral, dan menuliskan kembali kalimat singkat, kurangnya penguasaan materi teks eskposisi.berbagai faktor seperti kurangnya konsentrasi dalam belajar, situasi kelas yang berisik, dan bergurau dengan teman.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soal Cerita, Kesulitan Belajar, Cerita Teks Eksposisi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:28 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |