Analisis Keterlibatan Orang tua dalam Menunjang PAUD Berkualitas.

FIRDA FAUZIAH, (2025) Analisis Keterlibatan Orang tua dalam Menunjang PAUD Berkualitas. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
2108108031_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108108031_2_bab1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2108108031_6_bab5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2108108031_7_dafpus.pdf

Download (209kB)

Abstract

PAUD berkualitas ditentukan oleh layanan pendidikan yang mencakup pembelajaran, pengelolaan, kemitraan dengan orang tua, dan pemenuhan kebutuhan esensial anak. Salah satu indikator penting adalah keterlibatan orang tua, yang mendorong kesinambungan pendidikan di rumah dan di sekolah. Namun, keterlibatan ini sering terkendala oleh berbagai faktor seperti waktu, komunikasi, dan pemahaman orang tua. Berdasarkan observasi di TKIT Sholahuddin Al Ayyubi Sumedang, ditemukan bahwa partisipasi orang tua masih rendah dan belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat keterlibatan orang tua dalam menunjang pendidikan anak usia dini (PAUD) berkualitas di TKIT Sholahuddin Al Ayyubi sumedang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait fenomena dan peristiwa yang sedang terjadi. Dengan pendekatan ini, penelitian deskriptif memberikan pemahaman yang mendalam tentang situasi yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua di TKIT Sholahuddin Al Ayyubi Sumedang dalam menunjang PAUD berkualitas dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta dilihat dari faktor pendukung dan penghambat. Pada tahap perencanaan, keterlibatan orang tua sebesar 40%, ditunjukkan melalui partisipasi dalam rapat komite sekolah, penyusunan program sekolah, dan kerja sama eksternal seperti dengan puskesmas. Pada tahap pelaksanaan, keterlibatan orang tua mencapai 85% melalui kegiatan seperti parenting, kelas orang tua, PMT, DDTK, PHBS, dan pengumpulan NIK yang diinput ke Dapodik. Sekolah juga menyediakan fasilitas sanitasi dan air bersih untuk mendukung pembiasaan hidup sehat. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat keterlibatan orang tua sebesar 60%, faktor pendukung meliputi komunikasi efektif, komitmen bersama, dan dukungan fasilitas. faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, kesibukan kerja, dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap pentingnya peran mereka dalam pendidikan anak usia dini. Saran untuk lembaga, guru, dan orang tua dapat meningkatkan kolaborasi melalui komunikasi efektif, pelatihan, serta partisipasi aktif dalam pendidikan anak. Upaya ini mencakup penguatan peran orang tua di rumah dan sekolah guna menunjang terciptanya PAUD yang berkualitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orang tua, PAUD berkualitas, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:30
Last Modified: 14 Aug 2025 04:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17023

Actions (login required)

View Item View Item