Ade Maflahul Maulah, (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bermuatan Budaya Cirebon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107079_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107079_2_bab1.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
2108107079_6_bab5.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
2108107079_7_dafpus.pdf Download (371kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini karena dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama ini, siswa hanya berfokus pada guru, siswa hanya mendengarkan dan menerima materi dari guru. Dalam proses pembelajaran, guru jarang menggunakan model untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan guru juga hanya menggunakan buku LKS dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Based Learning (PBL) bermuatan budaya cirebon untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis Siswa Madrasah Ibtidaiyah yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 fase pengembangan, yaitu yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar angket validasi LKPD, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD, soal pretest dan posttes. Penelitian ini dilaksanakan di MI Salafiyatul Huda I Kota Cirebon dengan sampel peserta didik kelas V (Lima) yang berjumlah 22 peserta didik, pada materi Bilangan Cacah. Berdasarkan hasil validasi LKPD dengan model PBL ini dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor pada ahli media sebesar 93%, skor ahli bahasa sebesar 87%, dan skor ahli materi sebesar 85%. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD dengan model PBL ini yang dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 88%, dan skor hasil angket respon guru dinyatakan sangat praktis dengan skor 68%. Berdasarkan nilai pretest dan posttes peserta didik, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Based Learning (PBL) bermuatan budaya cirebon untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil uji Paired Sample TTest menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antar hasil pretest dan posttes. Hasil uji N-Gain sebesar 0,641 termasuk dalam kategori sedang menunjukkan bahwa LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Based Learning (PBL) bermuatan budaya cirebon untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD Matematika, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Model ADDIE. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |