Pengaruh Papan Presensi Dalam Meningkatkan Karakter Displin Siswa Kelas V SDN Cadasngampar Kota Cirebon

SITI NILASARI, (2025) Pengaruh Papan Presensi Dalam Meningkatkan Karakter Displin Siswa Kelas V SDN Cadasngampar Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107082_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107082_2_bab1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
2108107082_6_bab5.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2108107082_7_dafpus.pdf

Download (328kB)

Abstract

Pendidikan karakter pada era saat ini memiliki peran yang penting bagi siswa nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan di tingkat pendidikan dasar yaitu karakter disiplin. Disiplin sebagai salah satu bagian dari 6 profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Oleh karena itu, karakter disiplin merujuk pada proses belajar mengajar. Dengan demikian, kedisiplinan dilihat sebagai reaksi dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Pentingnya upaya penanaman kedisiplinan siswa di sekolah dasar tentunya didasarkan oleh alasan tertentu, yaitu banyaknya pelanggaran aturan yang dilakukan oleh siswa. Banyak metode dan strategi yang dapat diterapkan untuk membentuk karakter displin yaitu guru menerapkan papan presensi untuk absen siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan papan presensi kelas V di SDN Cadasngampar Kota Cirebon, (2) Mengetahui kedisplinan siswa kelas V di SDN Cadasngampar Kota Cirebon, (3) Mengetahui pengaruh penerapan papan presensi dalam meningkatkan karakter displin siswa kelas V di SDN Cadasngampar Kota Cirebon. Penerapan papan presensi telah diterapkan kelas V di SDN Cadasngampar Kota Cirebon. Papan presensi adalah media papan kehadiran untuk mencatat dan memantau presensi siswa disekolah atau dalam kegiatan belajar mengajar sedangkan displin adalah ketaatan siswa terhadap aturan tata tertib sekolah. Dengan penerapan papan presensi siswa displin datang tepat waktu, meningkatkan karakter displin siswa dengan membiasakan siswa hadir tepat waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperiment dengan desain expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 57. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik sampel jenuh atau semua anggota populasi digunakan sampel dengan jumlah sampel 57 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas,uji homogenitas,uji linearitas,uji derterminasi,uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis dengan menggunakan nilai t. Hasil analisis angket penerapan papan presensi memperoleh persentase sebesar 83,3% hal ini diperkuat dengan adanya hasil observasi kegiatan penerapan papan presensi siswa kelas V sebesar 95,3% persentase tersebut berada dalam kategori sangat kuat karena berada diantara 81%-100%. Hasil angket kedisplinan siswa memperoleh persentase sebesar 85,5% hal ini diperkuat dengan adanya hasil observasi kedisplinan siswa sebesar 97,5% persentase tersebut berada dalam kategori sangat kuat karena berada diantara 81%-100%. Berdasarkan hasil uji-t dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai thitung (27.947) > ttabel (2.00400) dan nilai sig. (0, 000) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh papan presensi dalam meningkatkan karakter displin siswa kelas V SDN Cadasngampar Kota Cirebon. Adapun besarnya pengaruh papan presensi dalam meningkatkan karakter displin siswa kelas V SDN Cadasngampar Kota Cirebon sebesar 36,4% sedangkan sisanya 63,6% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu internal, faktor lingkungan dan faktor masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Papan Presensi Dan Karakter Kedisplinan Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:37
Last Modified: 14 Aug 2025 04:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17028

Actions (login required)

View Item View Item