Oca Sakilah, (2025) Pengembangan Media Komik Digital untuk Literasi Sains pada Pembelajaran IPAS Kelas V MI Al-Washliyah Perbutulan. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107115_1_cover.pdf Download (925kB) |
![]() |
Text
2108107115_2_bab1.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
2108107115_6_bab5.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
2108107115_7_dafpus.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital sebagai sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di MI Al-Washliyah Perbutulan. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat siswa terhadap literasi sains dan keterbatasan media pembelajaran yang digunakan di sekolah, terutama media digital yang menarik dan sesuai perkembangan zaman. Inovasi media komik digital diharapkan menjadi solusi alternatif yang mampu menarik perhatian siswa sekaligus memperkuat pemahaman materi sains melalui pendekatan visual dan naratif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta angket respon siswa dan tes literasi sains dalam bentuk pretest dan posttest. Penelitian ini melibatkan 31 siswa kelas V sebagai subjek uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik digital yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan validasi dari ahli media (97%), ahli materi (97%), dan ahli bahasa (77%). Media juga dinilai praktis berdasarkan respon siswa (88%) dan guru, serta terbukti cukup efektif meningkatkan kemampuan literasi sains dengan nilai NGain sebesar 0,66. Media dikembangkan menggunakan aplikasi digital seperti Pixton dan Canva, yang memberikan kemudahan akses dan tampilan visual yang menarik bagi siswa. Berdasarkan hal ini bahwa literasi sains penting diterapkan di sekolah dasar karena membantu siswa memahami fenomena ilmiah, berpikir kritis, dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Penggunaan komik digital dalam pembelajaran IPAS memudahkan siswa memahami konsep sains melalui cerita dan gambar yang menarik. Media ini juga membantu siswa menginterpretasi data secara sederhana, sehingga mendukung peningkatan literasi sains sebagai bagian dari pembelajaran abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital; Literasi Sains; IPAS; Media Pembelajaran. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:23 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 06:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |