Komala Dewi, (2025) PERAN PUSTAKAWAN DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 11 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109029_1_cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2108109029_2_bab1.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
2108109029_6_bab5.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
2108109029_7_dafpus.pdf Download (212kB) |
Abstract
Basuki menyatakan bahwa banyak Perpustakaan sekolah dikelola tenaga tanpa latar belakang pendidikan bidang Perpustakaan, yang dapat berdampak pada kualitas layanan Perpustakaan. Perpustakaan sekolah di MTs Negeri 11 Cirebon, belum ada pustakawan khusus, tetapi hanya ada Kepala Perpustakaan dan seorang guru yang ditunjuk sebagai pustakawan. Dalam pelaksanaannya, guru tersebut mengelola Perpustakaan di sela tugasnya mengajar. Walaupun begitu, keadaan fisik Perpustakaan dapat dikatakan baik, ruangannya terjaga kebersihannya, koleksi buku diatur rapi berdasarkan bidang studi, peserta didik sering berkunjung dan merasa nyaman berada di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: peran pustakawan dalam pengelolaan perpustakaan, strategi pustakawan, hasil penerapan strategi pustakawan dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Subyek penelitian: Kepala Madrasah, Kepala Perpustakaan, pustakawan, guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari empat tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: peran pustakawan dalam pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri 11 Cirebon dapat dikatakan baik, karena pustakawan terlibat dalam pengadaan dan pengelolaan koleksi, memberikan layanan bagi pengguna, pengelolaan sistem informasi perpustakaan, promosi dan pengembangan perpustakaan serta pengelolaan anggaran, strategi pustakawan dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri 11 Cirebon: mengikuti pelatihan zoom atau seminar, menggunakan teknologi dalam layanan, mengadakan program literasi serta memperhatikan fasilitas perpustakaan, hasil penerapan strategi pustakawan dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri 11 Cirebon: pustakawan jadi mengetahui cara mengelola perpustakaan, database membantu dalam memeriksa koleksi buku yang tersedia, peserta didik sering berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku dan nyaman menghabiskan waktu di perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Pustakawan, Pengelolaan Perpustakaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:45 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |