PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SMK ISLAMIC CENTER CIREBON

WAHYU NOVALLUDIN, (2025) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SMK ISLAMIC CENTER CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109096_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108109096_2_bab1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
2108109096_6_bab5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2108109096_7_dafpus.pdf

Download (143kB)

Abstract

Era perkembangan zaman yang semakin maju dan instan, disiplin guru mengalami penururan. kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa tantangan terkait disiplin guru, seperti ketidakhadiran guru, keterlambatan guru, dan kurangnya motivasi dalam melaksanakan tugas. Kedisiplinan guru di SMK Islamic Center Cirebon menjadi salah satu permasalahan yang cukup signifikan dalam mendukung efektivitas proses pembelajaran. Seperti keterlambatan masuk kelas, ketidakhadiran, dan pelaksanaan tugas yang tidak konsisten menjadi tantangan yang dihadapi pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan Mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap tingkat kedisiplinan guru, untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru, dan untuk mengetahui bagaimana hasil kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru di SMK Islamic Center Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Kepala sekolah tidak hanya menjalankan fungsi administratif, tetapi juga menunjukkan keteladanan, melakukan pembinaan, serta menerapkan reward and punishment yang mendidik. Komunikasi yang terbuka dan pelatihan rutin turut mendorong guru menjadi lebih bertanggung jawab. Meskipun sebagian guru masih menunjukkan ketidakteraturan, secara umum budaya disiplin mulai terbentuk. Kepala sekolah tampil sebagai pemimpin yang simbolik dan partisipatif. Strategi yang diterapkan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan profesional.Namun, kedisiplinan guru belum sepenuhnya membaik akibat kendala seperti karakter individu dan keterbatasan pengawasan langsung

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Faktor Internal dan Eksternal, Manajemen Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:13
Last Modified: 15 Aug 2025 08:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17092

Actions (login required)

View Item View Item