Solekhudin, (2025) Manajemen Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Branding Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
tesis Sholekhudin fixs watermark cover daftar isi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
tesis Sholekhudin fixs watermark bab I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
tesis Sholekhudin fixs watermark BAB V.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
tesis Sholekhudin fixs watermark DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Marketing Public Relations (MPR) dalam meningkatkan branding Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa peran Marketing Public Relations (MPR) Al-Bahjah berfokus pada pembentukan brand image pesantren sebagai lembaga yang membangun masyarakat berakhlak mulia berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah. Hal ini didukung oleh kualitas internal, misi misi yang jelas, dan program unggulan. Dalam aspek positioning, Al-Bahjah menempatkan diri pada segmen yang tepat melalui pemahaman kondisi internal dan eksternal, sementara diferensiasi dicapai melalui program khas seperti majelis ilmu dan dzikir, serta kemandirian ekonomi pesantren. Manajemen Marketing Public Relations (MPR) di Al-Bahjah melibatkan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan, dan evaluasi program kehumasan. Proses ini diawali dengan pemahaman opini publik, diikuti dengan perencanaan strategis, pembagian tugas, pelaksanaan program dengan motivasi dan bimbingan, pengawasan berkelanjutan, hingga evaluasi untuk perbaikan. Implementasi manajemen Marketing Public Relations (MPR) yang efektif ini memberikan dampak positif signifikan, termasuk peningkatan animo masyarakat untuk mendaftar, peningkatan popularitas dan daya saing pesantren, serta kemudahan dalam menjalin kerja sama dengan berbagai instansi. Dengan demikian, Marketing Public Relations (MPR) terbukti menjadi elemen krusial dalam membangun dan memperkuat branding Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon. Kata Kunci: Marketing Public Relations, Branding, Manajemen Marketing Public Relations (MPR).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Public Relations, Branding, Manajemen Marketing Public Relations (MPR). |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:20 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |