Penerapan Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuliner di Stadion Bima Kota Cirebon

Nailatul Baihani, (2025) Penerapan Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuliner di Stadion Bima Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - EKONOMI SYARIAH.

[img] Text
2108204126_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204126_2_bab1.pdf

Download (613kB)
[img] Text
2108204126_7_dafpus.pdf

Download (400kB)
[img] Text
2108204126_8_lampiran.pdf

Download (695kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada masih rendahnya pemanfaatan ekonomi digital oleh pelaku UMKM kuliner di Stadion Bima Kota Cirebon. Meskipun teknologi digital seperti media sosial, aplikasi pesan antar, dan sistem pembayaran non-tunai sudah tersedia, penggunaannya belum optimal. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan literasi digital, biaya layanan aplikasi yang tinggi, serta kurangnya dukungan pelatihan dari pihak terkait, sehingga potensi ekonomi digital untuk meningkatkan pendapatan dan mendukung prinsip kejujuran serta kemaslahatan dalam ekonomi Islam belum sepenuhnya terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan ekonomi digital dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM kuliner di Stadion Bima Kota Cirebon, mengkaji pengaplikasiannya dalam perspektif ekonomi Islam, serta menilai respon masyarakat terhadap keberadaan ekonomi digital pada sektor tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi- terstruktur, dan dokumentasi terhadap pedagang kuliner, konsumen, serta pihak terkait lainnya. Penelitian dilaksanakan di kawasan Stadion Bima Kota Cirebon pada Februari hingga Juni 2025, dengan menggunakan teknik triangulasi untuk menjaga keabsahan data serta analisis deskriptif kualitatif untuk menggali makna dari pengalaman para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM kuliner di Stadion Bima Kota Cirebon telah memanfaatkan ekonomi digital melalui media sosial, aplikasi pesan antar, dan sistem pembayaran non-tunai, dengan sebagian besar pedagang menggunakan layanan digital untuk promosi, memperluas pasar, dan mempermudah transaksi. Penerapan teknologi ini tidak hanya meningkatkan pendapatan dan efisiensi penjualan, tetapi juga sejalan dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan transparansi, serta menciptakan manfaat yang lebih luas bagi konsumen. Selain itu, digitalisasi mendukung diversifikasi saluran penjualan dan stabilitas pendapatan, sehingga usaha menjadi lebih tangguh dan berkelanjutan. Secara keseluruhan, penggunaan ekonomi digital terbukti memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan keberhasilan UMKM kuliner di Stadion Bima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Digital, UMKM Kuliner, Pendapatan, Ekonomi Islam
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:28
Last Modified: 16 Dec 2025 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17597

Actions (login required)

View Item View Item