Etika Bisnis Islam Dan Dampaknya Pada Pedagang Di Pasar Prapatan Panjalin Majalengka

Salma Puji Rohimah, (2021) Etika Bisnis Islam Dan Dampaknya Pada Pedagang Di Pasar Prapatan Panjalin Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN COVER ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salma Puji Rohimah, NIM: 1708203085, “ETIKA BISNIS ISLAM DAN DAMPAKNYA PADA PEDAGANG DI PASAR PRAPATAN PANJALIN MAJALENGKA”, 2021. Pasar Prapatan merupakan pasar sandang terbesar se wilayah Majalengka banyak pedagang yang berjualan di Pasar tersebut. Perilaku yang menyimpang seringkali terjadi pada pedagang di pasar prapatan seperti halnya tidak ramahnya pedagang kepada pembeli dan penetapan harga yang terlalu bahkan tidak bisa ditawar oleh para pembeli. Dimana Ramah dan penetapanharga yang wajar merupakan bagian dari prinsip Etika Bisnis Islam dan sudah seharusnya pedagang mengetahui dan menerapkan Etika Bisnis Islam dalam hal berdagang. Sehubungan dengan Hal tersebut peneliti memilih Pasar Prapatan Panjalin Majalengka karena peneliti melihat dan observasi kepada beberapa pembeli di Pasar Prapatan bahwa ditemukan pedagang yang menyimpang dari Etika Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengetahuan dan Penerapan Etika Bisnis Islam serta Dampaknya pada Pedagang di Pasar Prapatan Panjalin Majalengka sesuai dengan rumusan masalah yang akan diteliti. Adapun Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sehingga Penelitian yang dihasilakan berupa deskriptif atau kata-kata. Hasil Penelitian ini adalah Pengetahuan dan Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang di Pasar Prapatan beberapa dari mereka mengetahui dan menerapkan Etika Bisnis Islam dan prinsip-prinsip Etika Bisnis islam didalamnya seperti Orientasi Ibadah, Jujur, Barang yang baik mutunya, dilarang bersumpah, Ramah, Membangun hubungan baik, Tertib Administrasi dan Menetapkan harga yang wajar. Adapun dalam istilah Etika Bisnis Islam beberapa dari pedagang belum mengetahui istilah tersebut. Dengan menerapkan Etika Bisnis Islam memiliki dampak positif terhadap pedagang di Pasar Prapatan Panjalin Majalengka yaitu Pedagang bisa memperluas dalam hal pemasarannya, Pembeli puas terhadap pelayanan sehinnga membuat para pembeli menjadi pelanggan, kesadaran pedagang untuk menyisihkan uangnya sehingga bermanfaat dan berkah juga bagi pedagang, dan meningkatnya pendapatan. Pedagang Pasar Prapatan dalam mengajukan pembiayaan pada Bank Konvensional Dalam mengajukan pembiayaan pada Bank Konvensional BRI, Pedagang Pasar Prapatan Panjalin Majalengka dengan melalui tahap memenuhi persyaratan dalam hal dokumen, mengajukan kredit dengan membawa dokumen yang dibutuhkan, menunggu persetujuan dari pihak bank dan terakhir dana pun akan cair. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 Aug 2021 14:22
Last Modified: 23 Aug 2021 14:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4933

Actions (login required)

View Item View Item