Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Syariah Digital Di Pegadaian Syariah Cabang Indramayu

MAR’ATUL AZIZAH, (2021) Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Syariah Digital Di Pegadaian Syariah Cabang Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MAR’ATUL AZIZAH. NIM 1708203167. “PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN SYARIAH DIGITAL DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG INDRAMAYU”. Skripsi 2021 Aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) merupakan salah satu layanan Pegadaian berbasis aplikasi yang membantu nasabah melakukan transaksi Pegadaian Syariah melalui smartphone, dengan adanya aplikasi Pegadaian Syariah Digital diharapkan memudahkan nasabah untuk bertransaksi. Minat menggunakan Layanan Pegadaian Syariah Digital di kalangan nasabah Pegadaian Syariah masih tergolong rendah, oleh karena itu peneliti di latar belakangi oleh masih sedikitnya nasabah pegadaian syariah cabang indramayu yang sudah menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan terhadap minat menggunakan layanan Pegadaian Syariah Digital, untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan layanan Pegadaian Syariah Digital, untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan layanan Pegadaian Syariah Digital. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan layanan syariah digital di pegadaian syariah cabang indramayu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,636 > 2.028 dan nilai signifikan 0,010 artinya terdapat pengaruh dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan pegadaian syariah digital, persepsi kemudahan penggunaan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,474 > 2.028 dan nilai signifikan 0,001 artinya pengaruh dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan pegadaian syariah digital. Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 11,058 > 2.70 artinya terdapat pengaruh dan signifikan terhadap minat menggunakan. Nilai R sebesar 0,193 sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan memberikan kontribusi sebesar 19,3% terhadap minat menggunakan layanan pegadaian syariah digital. Kata kunci: Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Minat Layanan, Aplikasi Pegadaian Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Aug 2021 09:02
Last Modified: 24 Aug 2021 09:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item