Ulfiyanti, (2021) Tinjauan Ekonomi Islam Tentang Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Pada RM. Empal Gentong H. Apud Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (426kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ulfiyanti, NIM: 1708203198, “TINJAUAN EKONOMI ISLAM TENTANG PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN PADA RM. EMPAL GENTONG H. APUD CIREBON”, 2021. Hukum Islam merupakan landasan hidup bagi orang-orang Muslim, baik dalam hal beribadah maupun bermuamalah. Mayoritas penduduk Indonesia sudah banyak yang menerapkan kegiatan ekonomi sesuai dengan prinsip Islam. Begitu juga dengan RM. Empal Gentong H. Apud Cirebon yang berprinsip mempertahankan usahanya dengan melakukan berbagai macam strategi pemasaran dalam mengembangkan bisnisnya. Rumah makan tersebut merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh orang-orang dibandingkan dengan kedai empal gentong lain yang berada di Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: Bagaimana strategi promosi pada RM. Empal Gentong H. Apud Cirebon ditinjau dari kajian ekonomi Islam? Bagaimana penetapan harga pada RM. Empal Gentong H. Apud Cirebon ditinjau dari kajian ekonomi Islam? Bagaimana kualitas pelayanan pada RM. Empal Gentong H. Apud Cirebon ditinjau dari kajian ekonomi Islam?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah berikutnya adalah melakukan analisis dengan metode deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah: Kegiatan promosi yang dilakukan pada RM. Empal Gentong H. Apud menggunakan berbagai sarana seperti: periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan pribadi. RM tersebut jarang melakukan kegiatan promosi, karena orang orang sekitar sudah mengetahui tentang produk yang dijual pada RM tersebut. Ketika melakukan kegiatan promosi, RM tersebut juga menggunakan prinsip Islam, seperti menjelaskan produk apa adanya tanpa melebih-lebihkan dan menutupi kekurangan. Penetapan harga yang dilakukan pada RM. Empal Gentong H. Apud tidak membertkan konsumen, hal ini sesuai dengan prinsip Islam, yaitu tidak terlalu mengambil keuntungan yang besar dalam melakukan transaksi jual beli. Kualitas pelayanan yang ada pada RM. Empal Gentong H. Apud dinilai sangat baik, karena para karyawannya sopan serta ramah kepada pengunjung. Hal ini juga diajarkan oleh Islam bahwa kita sesama manusia harus saling menghormati antara satu sama lain. Kata Kunci: Ekonomi Islam, Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan dan Empal Gentong H. Apud
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 08:49 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 08:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5063 |
Actions (login required)
View Item |