Dwi Astini, (2021) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Home Industri (Studi Pada Industri Kecil di Kelurahan Cigugur Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB DAPUS.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Dwi Astini. 1708203197, “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Home Industri (Studi Pada Industri Kecil di Kelurahan Cigugur Kabupaten Kuningan), 2021. Keberadaan Industri Kecil dianggap sebagai sumber penting dalam penciptaan kesempatan kerja dan dinamisator pembangunan ekonomi daerah di pedesaan. Karena perannya tersebut, pengembangan Industri Kecil perlu mendapatkan perhatian besar dari pemerintah maupun masyarakat. Selain itu, karena Industri Kecil mempunyai fleksibilitas yang tinggi terhadap perubahan ketimbang Industri Menengah atau perusahaan besar. Hal inilah yang dijadikan acuan sebagai dampak positif bagi perekonomian di Indonesia yang dapat dibuktikan melalui neraca pembayaran, berkurangnya jumlah pengangguran, meningkatnya ekonomi lokal, dll. Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya diharapkan Industri Kecil bisa mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia dan strategi pemasaran dalam pengembangan Home Industri di Kelurahan Cigugur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku Industri Kecil yang sudah mempunyai No. SPP-IRT yang berada di Kelurahan Cigugur dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan), serta uji koefisien determinasi (R2) dengan alat uji menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas sumber daya manusia terhadap pengembangan Home Industri yaitu sebesar 15,66%, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi pemasaran terhadap pengembangan Home Industri sebesar 10,55% . Selanjutnya, secara simultan kualitas sumber daya manusia dan strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan Home Industri sebesar 58,2%. Kata kunci : Pengembangan Usaha, Home Industri, Kualitas Sumber Daya Manusia, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:12 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 01:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5245 |
Actions (login required)
View Item |