Pengaruh Reputasi, Kualitas Layanan,Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Gadai Syariah

Salma Miftahul Jannah, (2022) Pengaruh Reputasi, Kualitas Layanan,Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Gadai Syariah. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

SALMA MIFTAHUL JANNAH. 1808203084. “PENGARUH REPUTASI, KUALITAS LAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN JASA GADAI SYARIAH (Survei pada Nasabah Pegadaian Syariah Unit Awirarangan Kuningan)”, 2022. Perkembangan pegadaian syariah di Indonesia kini semakin pesat, salah satunya yaitu jasa gadai syariah. Hal tersebut membuktikan bahwa pegadaian syariah tetap hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang perekonomiannya sedang mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, reputasi harus dikembangkan dari waktu ke waktu dan hendaknya diiringi dengan peningkatan kualitas layanan yang baik dan promosi yang dilakukan, sehingga dapat menciptakan minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi, kualitas layanan, dan promosi secara parsial maupun secara simultan terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah pada nasabah pegadaian syariah unit awirarangan kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dan diambil 95 sampel dari total populasi 1.802. Data primer diolah dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel reputasi memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,345 > 1,986 dan nilai siginifikansi yang dihasilkan 0,021 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel reputasi secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah. Variabel kualitas layanan memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 5,341 > 1,986 dan nilai siginifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah. Variabel promosi memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,520 > 1,986 dan nilai siginifikansi yang dihasilkan 0,013 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel promosi secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah. Variabel reputasi, kualitas layanan, dan promosi memiliki nilai fhitung = 82,274 > ftabel = 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel reputasi, kualitas layanan, dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah. Kata Kunci: Reputasi, Kualitas Layanan, Promosi, dan Minat Nasabah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:03
Last Modified: 30 Jun 2022 01:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item