Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra Melalui Pendekatan Hermeneutika Serta Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Tekh Ulasan Di Kelas VIII SMP

Retno Puji Astuti, (2021) Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra Melalui Pendekatan Hermeneutika Serta Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Tekh Ulasan Di Kelas VIII SMP. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Kajian penelitian ini mengenai analisis nilai pendidikan karakter pada novel Bulan Terbelah di Langit Amerika. Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada masyarakat seperti tawuran, narkoba, dan pergaulan bebas yang mencerminkan tidak diterapkannya nilai pendidikan karakter. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung pada novel Bulan Terbelah di Langit Amerika dan implementasi hasil analisisnya pada media pembelajaran berupa video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena bertujuan untuk mendeskripsikan data yang telah didapat. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat dengan instrumen kartu data, langkah tersebut dipilih untuk mempermudah dalam langkah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu dengan menggunakan teori Miles dan Huberman, teknik tersebut dipilih karena untuk mempermudah proses analisis data. Hasil analisis nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut kemudian dijabarkan dan manfaat hasil deskripsi tersebut kemudian dikemas dalam media pembelajaran berupa video pembelajaran. Hasil analisis novel mendapatkan 14 nilai pendidikan karakter, kemudian dibuat menjadi media pembelajaran berupa video yang dikembangkan. Media pembelajaran dibuat menyesuaikan kurikulum 2013 dan dibuat secara bertahap dengan referensi Kemendiknas. Untuk tahap pembuatan media pembelajaran menggunakan objeknya yaitu KD 4.11 menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:46
Last Modified: 25 Jul 2022 02:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7227

Actions (login required)

View Item View Item