Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode SQ3R Pada Siswa kelas VII SMP Yanbu'ul Ulum Losari

Taofiqoh, (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode SQ3R Pada Siswa kelas VII SMP Yanbu'ul Ulum Losari. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia memiliki peranan penting yaitu sebagai bahasa negara dan bahasa nasional, maka dari itu perlu adanya pembinaan dan pengembangan terhadap Bahasa Indonesia. Tanpa adanya pembinaan dan pengembangan, Bahasa Indonesia tidak dapat berkembang. Salah satu cara dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia adalah dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ada di bangku sekolah. Kegiatan membaca pemahaman merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam. Pentingnya membaca pemahaman bagi siswa yaitu untuk memperoleh pemahaman yang penuh terhadap pendapat-pendapat yang dapat dicerna oleh otak, siswa dapat menentukan gagasan dalam bacaan, dan dapat mengemukakan kembali isi dari bacaan yang telah dibacanya dengan menggunakan bahasanya sendiri. Metode SQ3R merupakan suatu metode belajar yang efektif dalam membantu seseorang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran yang sedang dibaca. Pada proses belajar, ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu bacaan, bahkan tidak jarang agar dapat memahami suatu bacaan tersebut siswa membaca lebih dari satu kali. Dengan demikian, metode SQ3R dapat dikatakan sebagai suatu metode membaca untuk dapat memahami suatu bacaan melalui tahap atau langkah-langkah yang telah ditentukan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan Metode SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Yanbu’ul Ulum Losari dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman dapat berpengaruh dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas VII SMP Yanbu’ul Ulum tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dapat dilihat dari indikasi peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada tiap siklusnya, yaitu pada siklus pertama dari 37 siswa, yang tuntas dilihat dari hasil test terdapat 17 siswa sedangkan 20 siswa masih berada di bawah KKM dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus kedua dari 37 siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan nilai rata-rata 74.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:44
Last Modified: 06 Dec 2022 07:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7262

Actions (login required)

View Item View Item