Linda Liani Yuwinarti, (2022) Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andra Hirata Melalui Pendekatan Hermeneutika dan Pemanfaatannya sebagai Modeul Pembelajaran Membaca Fiksi di Kelas XI SMA. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas analisis nilai pendidikan karakter dalam novel guru aini karya andrea hirata melalui pendekatan hermeneutika dan pemanfaatannya sebagai modul pada pembelajaran membaca fiksi di kelas xi sma. Skripsi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Data pada penelitian ini sebuah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Nilai Pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata sejumlah 63 data. Nilai karakter yang berhubungan dengan tuhan sejumlah 7 data, nilai karakter yang berhubungan dengan diri sendiri sejumlah 19 data, nilai karakter yang berhubungan dengan sesama sejumlah 10 data, nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan dan sosial sejumlah 19 data. Dari penelitian mengenai analisis novel Guru Aini karya Andrea Hirata melalui pendekatan hermeneutika, dan pemanfaatannya sebagai pembelajaran sastra di SMA menghasilkan produk yaitu berupa modul. Pada pokok bahasan KD 7.2 Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan pada kelas XI. Produk modul ini bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah MA/SMA/SMK.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 08:35 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 07:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7266 |
Actions (login required)
View Item |