Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Metode Kunjung Karya Berbasis Quick Response (QR) Code pada Kelas XII di SMK Veteran Cirebon

Rima Iqrima, (2022) Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Metode Kunjung Karya Berbasis Quick Response (QR) Code pada Kelas XII di SMK Veteran Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Perubahan metode sekolah tatap muka menjadi daring yang menimbulkan permasalahan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan Quick Responese Code dapat menambah wawasan siswa mengenai media edukasi berbasis teknologi. Penelitian dilakukan sebagai materi pengayaan dengan pertimbangan pihak kurikulum dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK Veteran Cirebon yakni pada materi Teks Berita kurang optimal di semester ganjil nilai yang diperoleh belum mencapai KKM, nilai terkecil 50 dan tertinggi 70, kemudian situasi karena perubahan pembelajaran yang tidak menentu di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi yang dipilih adalah kelas XII di SMK Veteran Cirebon, dengan memilih sampel menggunakan teknik Purposive sampling yaitu kelas XII BDP dan OTKP. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Intrumen penelitian menggunakan lembar soal. Pengujian data menggunakan statistik non-parametrik yaitu Uji Mann Whitney. Hasil penilaian berdasarkan 5 indikator, struktur, kekritisan, ejaan, penulisan referensi, dan pemilihan diksi. Penulisan kelengkapan struktur berita kelas eksperimen dan kontrol rata-rata 3. Kekertisan dalam mengungkapkan masalah rata�rata 3. Penggunaan ejaan dalam Teks Berita rata-rata 4 begitu juga dengan penulisan referensi. Sedangkan dalam hal pemilihan diksi rata-rata 3. Hasil kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 85, dan kelas kontrol dengan nilai tertinggi 80. Uji perbandingan menggunakan Uji Mann Whitney dengan tingkat kepercayaan 95%, hasil diperoleh nilai Sig. 0,000 artinya Ha diterima dengan pernyataan pembelajaran menulis Teks Berita dengan metode Kunjung Karya berbasis Quick Response (QR) Code efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:51
Last Modified: 25 Jul 2022 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7291

Actions (login required)

View Item View Item